Nama : DESTI DIRNAENI
NPM : 12209257
Kelas : 3 EA 11
BAB 4
Hasil Dan Pembahasan
Dalam hal ini saya juga mencari informasi melalui para responden yang saya
temui di Universitas Gunadarma, J1 kalimalang mengenai
merek laptop yang Pling banyak digunakan oleh mahasiswa Universitas
gunadarma, J1 kalimalang. Presepsi mahasiswa yang saya temui terhadap merek laptop dapat dilihat pada tabel di bawah ini.
Tabel 1
Responden Yang Ditemui
NO.
|
Jurusan
|
Frekuensi
|
Prosentase
|
1
|
Informatika
|
30
|
30%
|
2
|
Sastra
|
20
|
20%
|
3
|
Ekonomi
|
50
|
50%
|
TOTAL
|
100
|
100%
|
Dari data tabel diatas, responden yang saya temui ada 100 orang. Dan dari
100 rang responden tersebut yang paling banyak saya temui adalah mahasiswa
Universitas Gunadarma, J1 Kalimalang jurusan ekonomi, yaitu dengan prosentase
sebesar 50% dan untuk mahasiswa jurusan informatika sebesar 30%, dan jurusan
sastra ada 20%.
Tabel 2
Tingkat yang di tempuh saat ini
NO
|
Tingkat
|
Frekuensi
|
Prosentase
|
1
|
1
|
20
|
20%
|
2
|
2
|
25
|
25%
|
3
|
3
|
30
|
30%
|
4
|
4
|
25
|
25%
|
TOTAL
|
100
|
100%
|
Dari data tabel diatas, responden yang saya temui yang paling banyak adalah
mahasiswa tingkat tiga, dengan prosentase sebesar 30%, dan untuk mahasiswa
tingkat satu sebanyak 20%, dan untuk mahasiswa tingkat dua dan empat
masing-masing prosentase sebanyak 25%.
Tabel 3
Merek laptop yang digunakan
NO.
|
Merek
|
Frekuensi
|
Prosentase
|
1
|
Accer
|
25
|
25%
|
2
|
Axioo
|
45
|
45%
|
3
|
Dan lain-lain
|
30
|
30%
|
TOTAL
|
100
|
100%
|
Dari data tabel diatas, dapat dilihat bahwa mahasiswa yang paling banyak
menggunakan laptop merek Axioo ada sebanyak 45% responden, dan untuk responden
yang menjawab merek accer ada 25%, dan sedangkan para responden yang menggunakan
mere laptop lainnya ada 30%.
Tabel 4
Yang dicari dalam memilih sebuah laptop
NO.
|
Alasan
|
Frekuensi
|
Prosentase
|
1
|
Kebutuhan
|
30
|
30%
|
2
|
Keunggulan
|
20
|
20%
|
3
|
Harga terjangkau
|
40
|
40%
|
TOTAL
|
100
|
100%
|
Dari data tabel diatas, dapat kita lihat ternyata para responden lebih
banyak memilih sebuah laptop karena harga yang terjangkau, hal ini dapat kita
lihat dari tabel di atas. Responden yang menjawab karna harga terjangkau ada
sebanyak 40%, sedangkan responden yang memilih sebuah laptop karena keunggulan ada
20%, dan untuk para responden yang memilih sebuah laptop sesuai kebutuhan ada
30%.
Dan dari data tabel diatas, dapat saya simpulkan ternyata rata-rata mereka
yang memutuskan untuk membeli sebuah merek laptop karena harga yang terjangkau
namun kualitas yang disediakan sesuai dengan kebutuhan para pengguna laptop.
BAB 5
Kesimpulan
Dari data tabel diatas hasil dari penelitian terhadap 100
orang responden, dapat saya simpulkan, ternyata kalangan mahasiswa dalam
memilih sebuah merek laptop dikarenakan bebrapa faktor, yaitu karena harga
terjangkau, kualitas yang baik, dan keunggulan yang baik pula.
1. pasar laptop dikalangan mahasiswa
ternyata sangatlah besar. Karena laptop yang mereka pilih adalah laptop yang
sesuai dengan kebutuhan mereka dalam dunia pelajaran di kampus. Yaitu sesuai
dengan kebutuhan untuk mengerjakan tugas-tugas yang diberikan oleh para dosen
sesuai dengan jurusan dan matakuliah yang diambil.
2. Menelaah lebih jauh
loyalitas mahasiswa terhadap suatu merek. Mahasiswa kini dapat lebih mengenal
kualitas produk yang seperti apa yang baik untuk digunakan oleh mereka dalam
pengerjaan tugas-tugas yang diberikan oleh para dosen setiap matakuliah sesuai
dengan jurusan mereka masing-masing. Dan tentunya dengan demikian, mahasiswa
jadi lebih memahami untuk menentukan merek apa yang akan mereka pilih.
3. Dapat ditarik kesimpulan
ada beberapa faktor yang mebuat para mahasiswa memilih suatu merek laptop. Yaitu
diantaranya, keunggulan yang diberikan sangatlah baik, kualitas produk juga
sangat baik, dan tentunya dengan harga yang terjangkau, tentunya para mahasiswa
akan memilih produk yang seperti itu, dan produk itu jatuh pada pilihan merek
laptop Axioo.
Kelemahan dari penelitian ini adalah
kurangnya responden yang diteliti sehingga tidak dapat diketahui keragaman
hasil yang lebih dapat mendeskripsikan lebih jauh mengenai merek laptop dikalangan
mahasiswa.
Saran dari kami agar penelitian ini dapat
kiranya menjadi bahan pertimbangan mengenai penggunaan merek laptop dikalangan
mahasiswa agar dapat diambil segi positifnya serta dapat meminimalkan hal-hal
negatif yang ditimbulkannya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar