NAMA : DESTI DIRNAENI
KELAS : 3 EA 11
NPM : 12209257
BAB III
METODELOGI PENELITIAN
·
Data
Desain penelitian ini bertipe penelitian deskriptif. Data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Hal ini digunakan untuk memperoleh
gambaran kualitatif maupun kuantitatif atas tanggapan yang diberikan oleh para
responden terhadap merek laptop. Meskipun jumlah sample yang saya ambil sangat
kecil, baik dalam ruang lingkup maupun populasinya, akan tetapi hasil yang
diperoleh diharapkan dapat memberikan gambaran awal mengenai pangsa pasar BBM
dalam populasi yang lebih luas lagi.
·
Eksplorasi
data
Populasi penelitian adalah mahasiswa Universitas
gunadarma, J1 Kalimalang. Baik para para mahasiswa Diploma maupun Starata satu,
dengan berbagai jurusan. Mahasiswa jurusan Informatika, Sastra, maupun Ekonomi
sebanyak 100 orang. Dengan proporsi 30 orang mahasiswa jurusan Informatika, 20
orang mahasiswa jurusan Sastra, dan 50 orang mahasiswa jurusan Ekonomi.
Wawancara dilakukan kepada 100 orang dari berbagai jurusan,
dengan teknik stratified random sampling non proporsional. Penarikan sample
dengan menggunakan teknik ini dimungkinkan untuk memperoleh sample yang
representative dari populasi yang ada.
Daftar pertanyaan yang saya berikan hanya terdiri dari
dua bagian dan hanya 5 butir pertanyaan (1-5), yang merupakan kombinasi antara
bentuk tertutup dan bentuk terbuka. Bagian pertama nomer 1-3 pertanyaan sekitar
jurusan dan semester yang sedang ditempuh di universitas Gunadarma. Dan bagian
kedua nomer 4-5 pertanyaan sekitar merek laptop yang digunkan, dan dalam
memilih sebuah laptop apakah memperhatikan sebuah keunggulan.
Dari dua bagian pertanyaan tersebut diharapkan akan terungkap pola perpindahan responden dalam memilih merek laptop. Sehingga bisa diprediksi pula perpindahan merek di waktu yang akan datang. Dari dua bagian pertanyaan yang diberiakan kepada responden, diharapkan dapat diketahui seberapa pengaruhnya penggunaan laptop terhadap kebutuhan mahasiswa di universitas Gunadarma. Sehingga dapat diprediksi pula seberapa penting dan berpengaruhnya laptop terhadap kebutuhan mahasiswa.
·
Variabel
indikator
Variabel yang akan diteliti meliputi
1. Citra merek
2. Kulaitas
produk
·
Model
penelitian
Data yang telah dikumpulkan akan diolah dan disajikan
melalui :
1.
Data primer
yang digunakan adalah data primer yang diperoleh dari jawaban responden yang
menjadi sampel.
2.
Data
sekunder, yaitu yang diperoleh dari pihak lain yang telah dikumpulkan dan diolah terlebih
dahulu. Dan semua data sekunder tersebut saya peroleh melalui media internet.
3.
Analisis
deskriptif kualitatif dilakukan dengan cara meringkas dan mengklasifikasikan
jawaban responden terhadap pentingnya penggunaan laptop di kalangan ahasiswa
Universitas gunadarma.
4. Analisis deskriptif kuantitatif
untuk menghitung pangsa pasar dari setiap merek laptop apa saja yang paling
banyak digunakan oleh mahasiswa Universitas Gunadarma, J1 kalimalang.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar