Kamis, 22 September 2011

PERTEMUAN 1 - TUGAS MEMBUAT ANALISIS JURNAL


NAMA                        : DESTI DIRNAENI
NPM                           : 12209257
KELAS                       : 3 EA 11
MATA KULIAH        : METODE RISET



Saya di berikan tugas oleh dosen matakuliah saya, untuk mereview 3 (tiga) buah jurnal dalam 1 (satu) tema yang sama. Dan tema yang saya ambil dalam kesempatan kali ini adalah mengenai ”Teknologi dalam perekonomian”.


1.      Judul, nama pengarang, tahun
a)      Dampak teknologi informasi terhadap bidang ekonomi perusahaan, Fauzi Azhari, 2010.
b)      Dampak teknologi terhadap kehidupan manusia, Kecebong, 2008.
c)      Pengaruh teknologi informasi terhadap perekonomian, Chepy Cahyadi, 2010. 


2.      Latar Belakang Masalah
1)      Fenomena
a)      Perkembangan dan kemajuan teknologi informasi dan kmunikasi kini dirasakan hampir di setiap aspek kehidupan di dalam masyarakat. Salah satu contohnya, teknologi internet, kini internet sudah masuk didalam kehidupan masyarakat. Atau bahkan dapat dikatakan, kini internet tidak lagi sebagai keinginan namun sudah menjadi suatu kebutuhan di dalam masyarakat. Dan hal ini terjadi dikarenakan komunikasi adalah salah satu kebutuhan yang sangat mendasar di dalam kehidupan bermasyarakat. Teknologi internet berkembang dan menyatu dalam sebuah ‘dunia’ atau ‘ruang maya’ atau sering disebut sebagai cyber-space, sebuah dunia atau tempat orang dapat berkomunikasi, ‘bertemu’, dan melakukan berbagai aktivitas ekonomi/bisnisinformasi telah berubah bentuk menjadi suatu komoditi yang dapat diperdagangkan. Keadaan ini terbukti dengan semakin berkembangnya bisnis pelayanan informasi, seperti stasiun televisi, surat kabar, radio dan internet yang telah memasuki sendi-sendi kehidupan manusia. Perubahan lingkungan yang pesat, dinamis dan luas tersebut didukung oleh kemajuan teknologi informasi disegala bidang. Hal ini telah mendorong transformasi masyarakat tradisional menjadi masyarakat informasi.

b)     Perkembangan teknologi terjadi karena seseorang menggunakan akalnya dan akalnya untuk menyelesaikan setiap masalah yang dihadapinya. Pada satu sisi, perkembangan dunia IPTEK yang demikian mengagumkan itu memang telah membawa manfaat yang luar biasa bagi kemajuan peradaban umat manusia. Jenis-jenis pekerjaan yang sebelumnya menuntut kemampuan fisik yang cukup besar, kini relatif sudah bisa digantikan oleh perangkat mesin-mesin otomatis, Demikian juga ditemukannya formulasi-formulasi baru kapasitas komputer, seolah sudah mampu menggeser posisi kemampuan otak manusia dalam berbagai bidang ilmu dan aktifitas manusia. Ringkas kata kemajuan IPTEK yang telah kita capai sekarang benar-benar telah diakui dan dirasakan memberikan banyak kemudahan dan kenyamanan bagi kehidupan umat manusia. Sumbangan IPTEK terhadap peradaban dan kesejahteraan manusia tidaklah dapat dipungkiri. Namun manusia tidak bisa pula menipu diri sendiri akan kenyataan bahwa IPTEK mendatangkan malapetaka dan kesengsaraan bagi manusia.

c)     Meningkatnya kecenderungan banyak orang terhadap tenologi informasi di era informasi ini ada kaitan secara langsung dengan peningkatan tahap literasi komputer, literasi informasi dan juga tingkat kesejahteraan masyarakat. Kesemua faktor tersebut satu sama lainnya saling melengkapi dan tidak bisa dipisahkan, selain itu juga minat membaca masyarakat lebih tinggi sehingga memerlukan berbagai sumber yang mudah dan cepat diakses. Pada dasarnya harapan utama kita adalah dengan teknologi informasi prodikvitas kerja di kalangan masyarakat Indonesia sekarang akan meningkat sehubungan dengan peningkatan taraf ekonomi dan pendapatan.


2)      Penelitian Sebelumnya
a)      Untuk mengatasi berbagai masalah yang timbul akibat perkembangan teknologi informasi, maka diusahakan beberapa tindakan. Masalah resistance to change harus dihilangkan karena hal ini dapat mengakibatkan menurunnya produktivitas, meningkatkan angka absensi, dan mengurangi motivasi atau pemogokan kerja (Gordon, 1993). Untuk mencegah kondisi yang tidak diinginkan, Gordon menyarankan agar anggota organisasi atau pekerja dilibatkan dalam pelaksanaan tugas tertentu dan menciptakan lingkungan yang mendukung kualitas anggota organisasi. Selain itu perlu memberikan kesadaran pada karyawan bahwa penggunaan teknologi informasi dapat memberikan manfaat dalam jangka panjang dan menunjukkan kelemahan sistem lama. Selanjutnya Gordon mengajukan beberapa hal yang harus dilakukan untuk mengurangi resistance to change terhadap perubahan implementasi teknologi informasi, antara lain communication, educational program, evolusional change, employee involment, new policies and procedures, staff change, temporary structure dansteering committee.
b)      Kemajuan teknologi akan meningkatkan kemampuan produktivitas dunia industri baik dari aspek teknologi industri maupun pada aspek jenis produksi. Investasi dan reinvestasi yang berlangsung secara besar-besaran yang akan semakin meningkatkan produktivitas dunia ekonomi. Di masa depan, dampak perkembangan teknologi di dunia industri akan semakin penting. Tanda-tanda telah menunjukkan bahwa akan segera muncul teknologi bisnis yang memungkinkan konsumen secara individual melakukan kontak langsung dengan pabrik sehingga pelayanan dapat dilaksanakan secara langsung dan selera individu dapat dipenuhi, dan yang lebih penting konsumen tidak perlu pergi ke toko.

c)      Persaingan dalam dunia kerja menuntut pekerja untuk selalu menambah skill dan pengetahuan yang dimiliki.Kecenderungan perkembangan teknologi dan ekonomi, akan berdampak pada penyerapan tenaga kerja dan kualifikasi tenaga kerja yang diperlukan. Kualifikasi tenaga kerja dan jumlah tenaga kerja yang dibutuhkan akan mengalami perubahan yang cepat. Akibatnya, pendidikan yang diperlukan adalah pendidikan yang menghasilkan tenaga kerja yang mampu mentransformasikan pengetahuan dan skill sesuai dengan tuntutan kebutuhan tenaga kerja yang berubah tersebut.


3)      Motivasi Penelitian
a)      Pemanfaatan IT dalam mendorong pertumbuhan ekonomi
b)     Untuk mengetahui dampak dari pemanfaatan teknologi terhadap kehidupan perekonomian masyarakat.
c)      Untuk mengetahui Solusi dalam menangani dampak negatif dari Teknologi Informasi dan Komunikasi terhadap aktivitas ekonomi.
  
3.      Rumusan Masalah
1)    Apa dampak positif dan negatif IT pada ekonomi perusahaan?
2)    Apakah dampak dari teknologi terhadap kehidupan manusia?
3)    Dampak positif dan negatif Teknologi Informasi dan Komunikasi terhadap aktivitas ekonomi.  
4.      Tujuan Penelitian
1)      Menguraikan Masalah dan pemecahannya akibat perkembangan IT
2)      Untuk mengetahui apa saja dampak dari teknologi terhadap kehidupan manusia.
3)      Untuk mengetahui Peran dan dampak Teknologi Informasi dan Komunikasi terhadap aktivitas ekonomi





http://forum1.aimoo.com/kaltarabloggers/Category/Topic-1-1221860.html
http://fauziahazhari.blog.upi.edu/
http://chepy.blog.upi.edu/2010/11/08/dampak-it-terhadap-perekonomian/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar