Senin, 07 November 2011

tugas bab 4-5 metode riset


Nama : DESTI DIRNAENI
NPM : 12209257
Kelas : 3 EA 11

BAB  4
Hasil Dan Pembahasan

Dalam hal ini saya juga mencari informasi melalui para responden yang saya temui di Universitas Gunadarma, J1 kalimalang mengenai merek laptop yang Pling banyak digunakan oleh mahasiswa Universitas gunadarma, J1 kalimalang. Presepsi mahasiswa yang saya temui terhadap merek laptop dapat dilihat pada tabel di bawah ini.


Tabel 1
Responden Yang Ditemui

NO.
Jurusan
Frekuensi
Prosentase
1
Informatika
30
30%
2
Sastra
20
20%
3
Ekonomi
50
50%

TOTAL
100
100%







Dari data tabel diatas, responden yang saya temui ada 100 orang. Dan dari 100 rang responden tersebut yang paling banyak saya temui adalah mahasiswa Universitas Gunadarma, J1 Kalimalang jurusan ekonomi, yaitu dengan prosentase sebesar 50% dan untuk mahasiswa jurusan informatika sebesar 30%, dan jurusan sastra ada 20%.

Tabel 2 
Tingkat  yang di tempuh saat ini
NO
Tingkat  
Frekuensi
Prosentase
1
1
20
20%
2
2
25
25%
3
3
30
30%
4
4
25
25%

TOTAL
100
100%







Dari data tabel diatas, responden yang saya temui yang paling banyak adalah mahasiswa tingkat tiga, dengan prosentase sebesar 30%, dan untuk mahasiswa tingkat satu sebanyak 20%, dan untuk mahasiswa tingkat dua dan empat masing-masing prosentase sebanyak 25%.

Tabel 3 
Merek laptop yang digunakan

NO.
Merek
Frekuensi
Prosentase
1
Accer
25
25%
2
Axioo
45
45%
3
Dan lain-lain
30
30%

TOTAL
100
100%







Dari data tabel diatas, dapat dilihat bahwa mahasiswa yang paling banyak menggunakan laptop merek Axioo ada sebanyak 45% responden, dan untuk responden yang menjawab merek accer ada 25%, dan sedangkan para responden yang menggunakan mere laptop lainnya ada 30%.  

Tabel 4 
Yang dicari dalam memilih sebuah laptop

NO.
Alasan
Frekuensi
Prosentase
1
Kebutuhan
30
30%
2
Keunggulan
20
20%
3
Harga terjangkau
40
40%

TOTAL
100
100%








Dari data tabel diatas, dapat kita lihat ternyata para responden lebih banyak memilih sebuah laptop karena harga yang terjangkau, hal ini dapat kita lihat dari tabel di atas. Responden yang menjawab karna harga terjangkau ada sebanyak 40%, sedangkan responden yang memilih sebuah laptop karena keunggulan ada 20%, dan untuk para responden yang memilih sebuah laptop sesuai kebutuhan ada 30%.

Dan dari data tabel diatas, dapat saya simpulkan ternyata rata-rata mereka yang memutuskan untuk membeli sebuah merek laptop karena harga yang terjangkau namun kualitas yang disediakan sesuai dengan kebutuhan para pengguna laptop.

BAB  5
Kesimpulan


Dari data tabel diatas  hasil dari penelitian terhadap 100 orang responden, dapat saya simpulkan, ternyata kalangan mahasiswa dalam memilih sebuah merek laptop dikarenakan bebrapa faktor, yaitu karena harga terjangkau, kualitas yang baik, dan keunggulan yang baik pula.

1.      pasar laptop dikalangan mahasiswa ternyata sangatlah besar. Karena laptop yang mereka pilih adalah laptop yang sesuai dengan kebutuhan mereka dalam dunia pelajaran di kampus. Yaitu sesuai dengan kebutuhan untuk mengerjakan tugas-tugas yang diberikan oleh para dosen sesuai dengan jurusan dan matakuliah yang diambil.
2.      Menelaah lebih jauh loyalitas mahasiswa terhadap suatu merek. Mahasiswa kini dapat lebih mengenal kualitas produk yang seperti apa yang baik untuk digunakan oleh mereka dalam pengerjaan tugas-tugas yang diberikan oleh para dosen setiap matakuliah sesuai dengan jurusan mereka masing-masing. Dan tentunya dengan demikian, mahasiswa jadi lebih memahami untuk menentukan merek apa yang akan mereka pilih.
3.      Dapat ditarik kesimpulan ada beberapa faktor yang mebuat para mahasiswa memilih suatu merek laptop. Yaitu diantaranya, keunggulan yang diberikan sangatlah baik, kualitas produk juga sangat baik, dan tentunya dengan harga yang terjangkau, tentunya para mahasiswa akan memilih produk yang seperti itu, dan produk itu jatuh pada pilihan merek laptop Axioo.


Kelemahan dari penelitian ini adalah kurangnya responden yang diteliti sehingga tidak dapat diketahui keragaman hasil yang lebih dapat mendeskripsikan lebih jauh mengenai merek laptop dikalangan mahasiswa.
Saran dari kami agar penelitian ini dapat kiranya menjadi bahan pertimbangan mengenai penggunaan merek laptop dikalangan mahasiswa agar dapat diambil segi positifnya serta dapat meminimalkan hal-hal negatif yang ditimbulkannya.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar