Selasa, 01 November 2011

BAB 3 - TUGAS METODE RISET



NAMA : DESTI DIRNAENI
KELAS : 3 EA 11
NPM     : 12209257


BAB III
METODELOGI PENELITIAN


·                     Data

Desain penelitian ini bertipe penelitian deskriptif. Data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Hal ini digunakan untuk memperoleh gambaran kualitatif maupun kuantitatif atas tanggapan yang diberikan oleh para responden terhadap merek laptop. Meskipun jumlah sample yang saya ambil sangat kecil, baik dalam ruang lingkup maupun populasinya, akan tetapi hasil yang diperoleh diharapkan dapat memberikan gambaran awal mengenai pangsa pasar BBM dalam populasi yang lebih luas lagi.


·                     Eksplorasi data
Populasi penelitian adalah mahasiswa Universitas gunadarma, J1 Kalimalang. Baik para para mahasiswa Diploma maupun Starata satu, dengan berbagai jurusan. Mahasiswa jurusan Informatika, Sastra, maupun Ekonomi sebanyak 100 orang. Dengan proporsi 30 orang mahasiswa jurusan Informatika, 20 orang mahasiswa jurusan Sastra, dan 50 orang mahasiswa jurusan Ekonomi.

Wawancara dilakukan kepada 100 orang dari berbagai jurusan, dengan teknik stratified random sampling non proporsional. Penarikan sample dengan menggunakan teknik ini dimungkinkan untuk memperoleh sample yang representative dari populasi yang ada.

Daftar pertanyaan yang saya berikan hanya terdiri dari dua bagian dan hanya 5 butir pertanyaan (1-5), yang merupakan kombinasi antara bentuk tertutup dan bentuk terbuka. Bagian pertama nomer 1-3 pertanyaan sekitar jurusan dan semester yang sedang ditempuh di universitas Gunadarma. Dan bagian kedua nomer 4-5 pertanyaan sekitar merek laptop yang digunkan, dan dalam memilih sebuah laptop apakah memperhatikan sebuah keunggulan.

Dari dua bagian pertanyaan tersebut diharapkan akan terungkap pola perpindahan responden dalam memilih merek laptop. Sehingga bisa diprediksi pula perpindahan merek di waktu yang akan datang. Dari dua bagian pertanyaan yang diberiakan kepada responden, diharapkan dapat diketahui seberapa pengaruhnya penggunaan laptop terhadap kebutuhan mahasiswa di universitas Gunadarma. Sehingga dapat diprediksi pula seberapa penting dan berpengaruhnya laptop terhadap kebutuhan mahasiswa.

·                     Variabel indikator

Variabel yang akan diteliti meliputi
1. Citra merek
2. Kulaitas produk

·                     Model penelitian
Data yang telah dikumpulkan akan diolah dan disajikan melalui :

1.    Data primer yang digunakan adalah data primer yang diperoleh dari jawaban responden yang menjadi sampel.
2.    Data sekunder, yaitu yang diperoleh dari pihak lain yang telah dikumpulkan dan diolah terlebih dahulu. Dan semua data sekunder tersebut saya peroleh melalui media internet.
3.    Analisis deskriptif kualitatif dilakukan dengan cara meringkas dan mengklasifikasikan jawaban responden terhadap pentingnya penggunaan laptop di kalangan ahasiswa Universitas gunadarma.
4.    Analisis deskriptif kuantitatif untuk menghitung pangsa pasar dari setiap merek laptop apa saja yang paling banyak digunakan oleh mahasiswa Universitas Gunadarma, J1 kalimalang.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar