Senin, 24 Oktober 2011

BAB 2 - TUGAS METODE RISET


BAB II
LANDASAN TEORI

Teori dasar / Konsep
Dilihat dari banyaknya merek dan tipe laptop yang berada di pasaran dan digunakan oleh para konsumen dengan perkembangan teknologi yang semakin maju. Hal ini dapat mengakibatkan konsumen akan melakuakn aktifitas pencarian mengenai produk laptop yang lebih berkualitas. Hal ini juga akan mendorong para calon konsumen untuk mencari informasi mengenai keunggulan dari berbagai merek laptop yang ada di pasaran.

Aktifitas ini akan menghasilkan banyak pertimbangan karena setiap produk memiliki keunggulan dan kelemahannya masing-masing. Dalam hal ini calon konsumen akan mempertimbangkan mana keunggulan yang menjadi prioritas yang akan dipilih.   

Tinjauan riset terdahulu
PRABA SULISTYAWATI, 2010. Mengatakan bahwa bahwa laptop merek Acer mengalami penurunan market share yang cukup signifikan dari tahun 2008 hingga tahun 2009 untuk kategori produk laptop merek Acer yaitu pada tahun 2008 sebesar 19,0 % turun menjadi 17,5 % di tahun 2009. Sedangkan pesaing utamanya HP, ditahun yang sama mengalami kenaikan yang cukup tinggi. Penurunan ini menjadi masalah karena  bersamaan dengan adanya kenaikan  HP dan Toshiba yang mengindikasikan merek-merek tersebut pada pangsa pasar yang dimiliki Acer. Citra Merek (Brand Image) Merek menjadi tanda pengenal bagi penjual atau pembuat suatu produk atau jasa. penelitian ini menggambarkan pengaruh dua variabel independen yaitu :
1.      citra merek
2.      Kualitas produk
Menurut Kotler (2005), merek adalah suatu simbol rumit yang dapat menyampaikan hingga enam tingkat pengertian sebagai berikut :
a)           Atribut : suatu merek dapat mengingatkan pada atribut-atribut  tertentu.
b)          Manfaat : atribut-atribut harus diterjemahkan menjadi manfaat fungsional dan  emosional. 
c)            Nilai : suatu merek juga mengatakan sesuatu tentang nilai  produsennya.
d)           Budaya :  suatu merek mungkin juga melambangkan budaya tertentu
e)            Kepribadian : suatu merek dapat mencerminkan kepribadian tertentu.
f)            Pemakai : suatu merek menyiratkan jenis konsumen yang membeli atau menggunakan suatu produk.

American Marketing Association yang dikutip dari Kotler (2005) mendefinisikan merek sebagai nama, istilah, tanda, simbol, atau desain, atau kombinasi semuanya, yang dimaksudkan untuk mengidentifikasi barang atau jasa seseorang atau sekelompok penjual dan untuk membedakannya dari barang atau jasa pesaing.

Pengembangan Hipotesis
Pengguna laptop di indonesia khususnya para mahasiswa yang menuntut ilmu dijenjang Universitas memerlukan laptop untuk menunjang aktivitas belajar mereka. Kini laptop sudah menjadi barang kebutuhan, buakn lagi sebagai barang pelengkap dalam kehidupan mahasiswa itu sendiri. Karena perkembangan teknologi selalu menuntut perkembangan program yang tertanan dalam perangkat laptop yang digunakan.

Pada umumnya mahasiswa membutuhkan laptop yang memiliki kemampuan untuk membuat tugas kuliah, dalam bentuk presentasi, maupun dalam bentuk makalah yang sesuai dibrikan oleh dosen. Untuk itu tiap mahasiswa akan melakukan aktifitas pencarian merek laptop dan fitur yang disediakan secara lengkap sesuai kebutuhan para mahasiswa.  

Bila dilihat dari sisi saya sebagai mahasiswa, dapat saya simpulkan bahwa yang menggunakan laptop bermerek laptop di Universitas Gunadarma adalah merek Axio. Hal ini dikarenakan Universitas Gunadarma memberikan fasilitas laptop kepada para mahasiswa yang membayar lunas selama 6 semester. Serta faktor lain yaitu berupa harga yang terjangkau pada masyarakat yang berpenghasilan cukup, serta memiliki kualiytas yang tidak kalah baik dengan merek laptop lainnya.

Hipotesis
Dapat diambil kesimpulan dalam sebuah hipotesis, bahwa merek laptop Axio merupakan pilihan yang banyak dipilih oleh para mahasiswa karena ada beberapa faktor, diantaranya adalah harga yang terjangkau namun kualitas yang cukup baik, serta teknologi yang tertanam dalam laptop Axio tidak kalah dengan merek laptop lainnya.  Dan dapat diperkirakan laptop merek Axio memiliki pangsa pasar yang cukup besar pada sebagian mahasiswa pengguna laptop di universitas gunadarma. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar