BAB II
LANDASAN TEORI
Teori
dasar / Konsep
Dilihat dari banyaknya merek dan tipe laptop yang berada di
pasaran dan digunakan oleh para konsumen dengan perkembangan teknologi yang
semakin maju. Hal ini dapat mengakibatkan konsumen akan melakuakn aktifitas
pencarian mengenai produk laptop yang lebih berkualitas. Hal ini juga akan
mendorong para calon konsumen untuk mencari informasi mengenai keunggulan dari
berbagai merek laptop yang ada di pasaran.
Aktifitas ini akan menghasilkan banyak pertimbangan karena
setiap produk memiliki keunggulan dan kelemahannya masing-masing. Dalam hal ini
calon konsumen akan mempertimbangkan mana keunggulan yang menjadi prioritas
yang akan dipilih.
Tinjauan
riset terdahulu
PRABA SULISTYAWATI, 2010. Mengatakan bahwa bahwa laptop merek Acer mengalami
penurunan market share yang cukup signifikan dari tahun 2008 hingga tahun 2009
untuk kategori produk laptop merek Acer yaitu pada tahun 2008 sebesar 19,0 %
turun menjadi 17,5 % di tahun 2009. Sedangkan pesaing utamanya HP, ditahun yang
sama mengalami kenaikan yang cukup tinggi. Penurunan ini menjadi masalah
karena bersamaan dengan adanya kenaikan HP dan Toshiba yang
mengindikasikan merek-merek tersebut pada pangsa pasar yang dimiliki Acer.
Citra Merek (Brand Image) Merek menjadi tanda pengenal bagi penjual atau
pembuat suatu produk atau jasa. penelitian ini menggambarkan pengaruh dua
variabel independen yaitu :
1. citra
merek
2. Kualitas
produk
Menurut Kotler (2005), merek adalah suatu simbol rumit yang
dapat menyampaikan hingga enam tingkat pengertian sebagai berikut :
a)
Atribut :
suatu merek dapat mengingatkan pada atribut-atribut tertentu.
b) Manfaat : atribut-atribut harus diterjemahkan menjadi
manfaat fungsional dan emosional.
c) Nilai
: suatu merek juga mengatakan sesuatu tentang nilai produsennya.
d) Budaya
: suatu merek mungkin juga melambangkan budaya tertentu
e) Kepribadian
: suatu merek dapat mencerminkan kepribadian tertentu.
f) Pemakai
: suatu merek menyiratkan jenis konsumen yang membeli atau menggunakan suatu
produk.
American Marketing Association yang dikutip dari Kotler
(2005) mendefinisikan merek sebagai nama, istilah, tanda, simbol, atau desain,
atau kombinasi semuanya, yang dimaksudkan
untuk mengidentifikasi barang atau jasa seseorang atau sekelompok penjual dan
untuk membedakannya dari barang atau jasa pesaing.
Pengembangan
Hipotesis
Pengguna laptop di indonesia khususnya para mahasiswa yang
menuntut ilmu dijenjang Universitas memerlukan laptop untuk menunjang aktivitas
belajar mereka. Kini laptop sudah menjadi barang kebutuhan, buakn lagi sebagai
barang pelengkap dalam kehidupan mahasiswa itu sendiri. Karena perkembangan
teknologi selalu menuntut perkembangan program yang tertanan dalam perangkat
laptop yang digunakan.
Pada umumnya mahasiswa membutuhkan laptop yang memiliki
kemampuan untuk membuat tugas kuliah, dalam bentuk presentasi, maupun dalam
bentuk makalah yang sesuai dibrikan oleh dosen. Untuk itu tiap mahasiswa akan
melakukan aktifitas pencarian merek laptop dan fitur yang disediakan secara
lengkap sesuai kebutuhan para mahasiswa.
Bila dilihat dari sisi saya sebagai mahasiswa, dapat saya
simpulkan bahwa yang menggunakan laptop bermerek laptop di Universitas
Gunadarma adalah merek Axio. Hal ini dikarenakan Universitas Gunadarma
memberikan fasilitas laptop kepada para mahasiswa yang membayar lunas selama 6
semester. Serta faktor lain yaitu berupa harga yang terjangkau pada masyarakat
yang berpenghasilan cukup, serta memiliki kualiytas yang tidak kalah baik
dengan merek laptop lainnya.
Hipotesis
Dapat diambil kesimpulan dalam sebuah hipotesis, bahwa
merek laptop Axio merupakan pilihan yang banyak dipilih oleh para mahasiswa
karena ada beberapa faktor, diantaranya adalah harga yang terjangkau namun
kualitas yang cukup baik, serta teknologi yang tertanam dalam laptop Axio tidak
kalah dengan merek laptop lainnya. Dan dapat diperkirakan laptop merek
Axio memiliki pangsa pasar yang cukup besar pada sebagian mahasiswa pengguna
laptop di universitas gunadarma.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar