Sabtu, 08 Oktober 2011

BAB 1 - TUGAS METODE RISET



Nama : DESTI DIRNAENI
NPM   : 12209257
Kelas  : 3 EA 11

ANALISIS PEMILIHAN MEREK LAPTOP DI KALANGAN MAHASISWA
Studi kasus : Mahasiswa Gunadarma

Tema : Teknologi



1.  Latar belakang

1.1.      Fenomena

Dalam kondisi persaingan usaha yang semakin ketat saat ini perusahaan perlu memanfaatkan sumber dayanya dengan optimal, termasuk berusaha menciptakan atau melakukan rekayasa yang dapat mempengaruhi persepsi konsumen, misalnya melalui citra merek produknya.

Fenomena tersebut dapat dilihat dari kondisi persaingan saat ini yang terjadi pada produk  laptop. Keanekaragaman produk  laptop yang ada pada saat ini mendorong konsumen untuk melakukan identifikasi dalam pengambilan keputusan saat menentukan suatu merek yang menurut mereka memenuhi kriteria sebuah produk laptop yang ideal.

Kompetisi tersebut akan terus berlanjut karena  beberapa merek baru terus bermunculan dengan berbagai macam varian seperti: Accer, HP, Dell, Toshiba, Asus, dll. Hal tersebut juga dibuktikan dengan penguasaan pangsa pasar (market share) pada produk laptop.

1.2.      Riset terdahulu

ANALISIS PENGARUH CITRA MEREK DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN LAPTOP MEREK ACER DI KOTA SEMARANG
Oleh : PRABA SULISTYAWATI, 2010

Variabel kualitas produk memiliki pengaruh lebih besar terhadap keputusan pembelian konsumen dibandingkan variabel citra merek dengan hasil regresi sebesar 0,559. Selanjutnya pengaruh variabel lainnya citra merek adalah sebesar 0,250.

Hipotesis pertama (H1) yang menyatakan bahwa citra merek (X1) berpengaruh positif
terhadap keputusan pembelian (Y), telah terbukti kebenarannya. Hal ini berarti citra merek merupakan salah satu faktor yang dapat mendorong konsumen untuk melakukan pembelian produk laptop merek Acer.

Hipotesis kedua (H2) yang menyatakan bahwa kualitas produk (X2) berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian (Y), telah terbukti kebenarannya. Hal ini berarti kualitas produk merupakan salah satu faktor yang dapat mendorong konsumen untuk
melakukan pembelian produk laptop merek Acer. 

Variasi keputusan pembelian dijelaskan oleh variabel citra merek dan kualitas produk sebesar 57,7% , sedangkan sisanya 42,3% dijelaskan oleh sebab-sebab yang lain diluar model.


1.3.         Motifasi penelitian
Fungsi dari penelitian ini adalah untuk :
1. melihat seberapa besar pasar laptop dikalangan mahasiswa
2. menelaah lebih jauh loyalitas mahasiswa terhadap suatu merek laptop
3. faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi mahasiswa untuk memilih suatu merek laptop

2.   Masalah

Mahasiswa sebagai instrumen pendidikan tingkat tinggi yang mewakili perkembangan dan penciptaan ilmu pengetahuan kini dituntut untuk mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan dan zaman. Pemanfaatan teknologi sebagai penopang media pembelajaran akan memberikan dampak yang positif serta meningkatkan nilai ilmu pengetahuan.

Di era globalisasi ini komputer merupakan media utama dalam setiap pembelajaran, namun mahasiswa dihadapkan pada banyaknya merek laptop yang ada di pasaran. Namun mahasiswa juga dituntut untuk mendapatkan kualitas yang menunjang untuk bidang studi matakuliah setiap mahasiswa.

3.   Tujuan penelitian
Tujuan dari penelitian ini adalah :

1. Untuk melihat seberapa besar pasar laptop dikalangan mahasiswa
2. Untuk menelaah lebih jauh loyalitas mahasiswa terhadap suatu merek laptop
3. Untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi mahasiswa untuk memilih suatu merek laptop


4.   Metodologi
Dalam penelitian yang saya lakukan ini, saya mengambil populasi penelitian mengacu pada mahasiswa Gunadarma J1 kalimalang yang memakai produk laptop sebagai alat utama penunjang kegiatan belajar.
Karena populasi dalam penelitian ini yaitu sebagian dari sempel mahasiswa yang menggunakan laptop sebagai media belajar di Universitas Gunadarma. Karena jumlahnya sangat banyak, maka dilakukan pengambilan sampel untuk penelitian ini.
Metode pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik  non probability sampling dengan cara purposive sampling. Pada teknik ini peneliti memilih sampel purposif bertujuan untuk mengumpulkan data secara subjektif
Penelitian yang dilakukan dalam tulisan ini menggunakan metode survey sampel mahasiswa Gunadarma yang mengkombinasikan data kulitatif dan data kuantitatif dalam analisisnya. Hal ini digunakan untuk memperoleh gambaran kualitatif maupun kuantitatif atas tanggapan yang diberikan oleh responden terhadap merek laptop yang digunakannya.

5.   Rekomendasi
Kotler, Phillip. 2000.  Manajemen Pemasaran.  Edisi Milenium. Jakarta: PT. Indeks
Kelompok Gramedia.

Setiadi, Nugroho J. 2003. Perilaku Konsumen: Konsep dan Implikasi untuk Strategi dan Penelitian Pemasaran. Jakarta: Prenada Media.
Kotler, Phillip.  2005.  Manajemen Pemasaran.  Jilid 1.  Jakarta: PT Indeks Kelompok Gramedia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar