Nama : DESTI DIRNAENI
NPM : 12209257
Kelas : 3 EA 11
ANALISIS PEMILIHAN MEREK LAPTOP DI
KALANGAN MAHASISWA
Studi kasus : Mahasiswa Gunadarma
Tema :
Teknologi
1. Latar belakang
1.1. Fenomena
Dalam kondisi persaingan usaha yang semakin ketat saat ini
perusahaan perlu memanfaatkan sumber dayanya dengan optimal, termasuk berusaha
menciptakan atau melakukan rekayasa yang dapat mempengaruhi persepsi konsumen,
misalnya melalui citra merek produknya.
Fenomena tersebut dapat dilihat dari kondisi persaingan
saat ini yang terjadi pada produk laptop. Keanekaragaman produk
laptop yang ada pada saat ini mendorong konsumen untuk melakukan identifikasi
dalam pengambilan keputusan saat menentukan suatu merek yang menurut mereka
memenuhi kriteria sebuah produk laptop yang ideal.
Kompetisi tersebut akan terus berlanjut karena
beberapa merek baru terus bermunculan dengan berbagai macam varian seperti:
Accer, HP, Dell, Toshiba, Asus, dll. Hal tersebut juga dibuktikan dengan
penguasaan pangsa pasar (market share) pada produk laptop.
1.2. Riset terdahulu
ANALISIS PENGARUH CITRA MEREK DAN KUALITAS
PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN LAPTOP MEREK ACER DI KOTA SEMARANG
Oleh : PRABA SULISTYAWATI, 2010
Variabel kualitas produk memiliki pengaruh
lebih besar terhadap keputusan pembelian konsumen dibandingkan variabel citra
merek dengan hasil regresi sebesar 0,559. Selanjutnya pengaruh variabel lainnya
citra merek adalah sebesar 0,250.
Hipotesis pertama (H1) yang menyatakan
bahwa citra merek (X1) berpengaruh positif
terhadap keputusan pembelian (Y), telah
terbukti kebenarannya. Hal ini berarti citra merek merupakan salah satu faktor
yang dapat mendorong konsumen untuk melakukan pembelian produk laptop merek Acer.
Hipotesis kedua (H2) yang menyatakan bahwa
kualitas produk (X2) berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian (Y),
telah terbukti kebenarannya. Hal ini berarti kualitas produk merupakan salah
satu faktor yang dapat mendorong konsumen untuk
melakukan pembelian produk laptop merek
Acer.
Variasi keputusan pembelian dijelaskan
oleh variabel citra merek dan kualitas produk sebesar 57,7% , sedangkan sisanya
42,3% dijelaskan oleh sebab-sebab yang lain diluar model.
1.3. Motifasi penelitian
Fungsi dari penelitian ini
adalah untuk :
1. melihat seberapa besar
pasar laptop dikalangan mahasiswa
2. menelaah lebih jauh
loyalitas mahasiswa terhadap suatu merek laptop
3. faktor-faktor apa saja
yang mempengaruhi mahasiswa untuk memilih suatu merek laptop
2. Masalah
Mahasiswa sebagai instrumen pendidikan tingkat tinggi yang
mewakili perkembangan dan penciptaan ilmu pengetahuan kini dituntut untuk
mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan dan zaman. Pemanfaatan teknologi
sebagai penopang media pembelajaran akan memberikan dampak yang positif serta
meningkatkan nilai ilmu pengetahuan.
Di era globalisasi ini komputer merupakan media utama dalam
setiap pembelajaran, namun mahasiswa dihadapkan pada banyaknya merek laptop
yang ada di pasaran. Namun mahasiswa juga dituntut untuk mendapatkan kualitas
yang menunjang untuk bidang studi matakuliah setiap mahasiswa.
3. Tujuan penelitian
Tujuan dari penelitian ini adalah :
1. Untuk melihat seberapa
besar pasar laptop dikalangan mahasiswa
2. Untuk menelaah lebih jauh
loyalitas mahasiswa terhadap suatu merek laptop
3. Untuk mengetahui
faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi mahasiswa untuk memilih suatu merek
laptop
4. Metodologi
Dalam penelitian yang saya lakukan ini, saya mengambil populasi
penelitian mengacu pada mahasiswa Gunadarma J1 kalimalang yang memakai produk
laptop sebagai alat utama penunjang kegiatan belajar.
Karena populasi dalam penelitian ini yaitu sebagian dari
sempel mahasiswa yang menggunakan laptop sebagai media belajar di Universitas
Gunadarma. Karena jumlahnya sangat banyak, maka dilakukan pengambilan sampel
untuk penelitian ini.
Metode pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan
teknik non probability sampling dengan cara purposive sampling. Pada
teknik ini peneliti memilih sampel purposif bertujuan untuk mengumpulkan data
secara subjektif
Penelitian yang dilakukan dalam tulisan ini menggunakan
metode survey sampel mahasiswa Gunadarma yang mengkombinasikan data kulitatif
dan data kuantitatif dalam analisisnya. Hal ini digunakan untuk memperoleh
gambaran kualitatif maupun kuantitatif atas tanggapan yang diberikan oleh
responden terhadap merek laptop yang digunakannya.
5. Rekomendasi
Kotler, Phillip. 2000. Manajemen Pemasaran.
Edisi Milenium. Jakarta: PT. Indeks
Kelompok Gramedia.
Setiadi, Nugroho J. 2003. Perilaku Konsumen: Konsep dan
Implikasi untuk Strategi dan Penelitian Pemasaran. Jakarta: Prenada Media.
Kotler,
Phillip. 2005. Manajemen Pemasaran. Jilid 1.
Jakarta: PT Indeks Kelompok Gramedia.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar