Jumat, 22 April 2011

TUJUH KEAJAIBAN BUMI


1.KAJAIBAN DEBU
Kata ilmuwan, Planet bumi terdii dari banyak debu pada saat baru lahir. Ada debu yang berat, ada debu yang ringan. Debu-debu yang berat mengendap ke pusat bumi. Debu berat itu misalnya, debu besi. Oleh karena itu pusat bumi berupa zat besi.
Wow, debu-debu yang ringan berada di lapisan paling atas. Debu ringan bertumpuk dan menjadi padat. Tumpukan debu ringan ini lama kelamaan menjadi daratan yang luas. Daratan luas ini disebut benua. Hhhhmmmm, ketika planet bumi dipenuhi air, permukaan benua ada yang tenggelam dan muncul. Dari jauh benua yang muncul di permukaan air itu mirip keripik. Yps, mirip keripik yang terapung di mangkuk susu. Hehe
2.      Bergerak namun tak terasa.
Benua juga bergerak dan terapung-apung seperti keripik di mangkuk susu. Akan tetapi, benua tidakk terapung di atas air susu lho. Benua terapung diatas cairan besi. Yups, suhu pusat bumi sangat panas sehingga zat besi didalam perut bumi jadi cair.
Ups, benua bergoyang-goyang mirip keripik diatas air susu. Namun, anehnya manusia yang tinggal di atas benua tidak merasakan gerakan benua. Hmmm, kenapa ya? Itu terjadi karena benua sangat besar dan manusia sangat kecil. Lagipula, kecepatan benua bergeser hanya 0,5 sentimeter pertahun.
3.      Awlnya hanya satu.
Hanya ada satu benua saat 650 juta tahun yang lalu. Benua itu bernama Benua Congo. Pada zaman itu Benua Congo berada di sekitar khatulistiwa. Namun, benua Cong bergeser ke belahan selatan planet bumi saat 100 juta tahun kemudian. Benua Cong pecah menjadi benua Afrika, India, Australia, dan Antartika.

4.      Seperti pasel
Bentuk benua berubah karena selalu bergeser. Ada benua yang pecah, ada juga benua yang bergabung. Benua Amerika Selatan dan Afrika jika digeser dapat melekat dengan pas, seperti pasel.
5.      Tertutup Es.
Kutub selatan planet bumi sangat dingin dan anginnya sangat kencang. Di kutub selatan ada benua bernama benua benua antartika. Benua Antartika selalu tertutup es. Suhu udranya -49 derajat celcius.
6.      Di huni manusia dan hewan
Benua adalah tempattinggal manusia. Benua yang paling besar bernama benua asia. Benua asia paling banyak dihuni manusia. Benua afrika mempunyai hewan mamalia paling banyak beragam. Hmmm, kamu ingat kan, di afrika ada gajah, jerapah, badak, cheetah, singa, dan masih banyak lagi binatang lainnya.
7.      Wajah tak sama.
Saat ini benua di planet bumi ada tujuh, yaitu benua Eropa, Asia, Afrika, Australia, Amerika utara, Amerika selatan, dan antartika. Namun sebenarnya bentuk benua di planet bumi tidak pernah sama dari tahun ketahun. Yups, benua zaman sekarang tidak sama dengan benua zaman dinosaurus. Sebab, benua terus bergeser. Namun perubahan bentuk baru kelihatn setelah ratusan juta tahun.
Bay the way, konon Benua Afrika akan bergabung dengan benua asia saat 150 juta tahun mendatang. Namun, yang lebih gawatnya lagi, pada saat itu kepulauan Indonesia akan hilang !!!!! hhhiiiiiii… serem.. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar